Pengibaran Bendera Merah Putih (17/8/2019) oleh Petugas yang Bersarung

Ungkapan rasa syukur terhadap HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 dilaksanakan dengan selenggarakan upacara ala santri. Pagi jam 07.30 sekitar 400 santri telah berkumpul di lapangan masjid menara al Jariyah.  Yayasan Al Ittihad Ponorogo Ponpes Ittihadul Ummah Jarakan selenggarakan kegiatan ini pada  Sabtu (17/8/2019) selenggarakan upacara bendera ala Santri di Lapangan Masjid Menara Al Jariyah Jarakan Banyudono Ponorogo. Upacara tampak berbeda dikarenakan seluruh peserta dari ustadz dan santri putra menggunakan bersarung gelap. Kegiatan ini ikuti sekitar seluruh santri dari semua unit dengan dengan inspektur upacara KH Imam Sayuti Farid, Pembina Yayasan Al Ittihad sekaligus pengasuh Ponpes Jarakan Ponorogo.

Dalam amanatnya Kiai Sayuti Farid, mengungkap pentingnya mengucap rasa syukur atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa atas kemerdekaan hingga di peringati pada ke 74 tahun pada saat ini. Bentuk syukur itu adalah dengan terus bekerja dan berkhidmah melayani masyarakat, bagi santri Jarakan adalah melalui berbagai layanan yang diberikan baik pendidikan, madrasah diniyah, layanan sosial dan bidang lainnya.  “Kita tentu harus berdiskusi, tapi tidak perlu berkepanjangan, yang harus terus kita realisasikan dengan terus kerja, kerja dan kerja untuk memberikan kemaslahatan. Itulah wujud syukur dan upaya mengisi kemerdekaan bagi kita warga Yayasan Al Ittihad Ponorogo” tegas KH Imam Sayuti Farid, Pengasuh Ponpes Jarakan yang bertindak selaku inspektur upacara.

Lapangan yang berada diselatan Pasar Legi Baru Ponorogo, tampak meriah dengan nyanyian lagu-lagu kemerdekaan, khususnya  saat rangkaian menyanyikan lagu Mars Syubbanul Wathan gubahan KH Wahab Chasbullah sebagaimana di ijazahkan oleh KH Maimoen Zubair. Petugas pengibar benderapun tampak bersemangat dengan berpakaian ala santri lengkap dengan jas dan bersarung, melaksanakan pengibaran dengan tanpa hambatan. Kegiatan ini diakhiri oleh tasyakuran para masayikh bersama seluruh peserta upacara. Kegiatan merupakan kegiatan puncak ini pada satu minggu sebelumnya digelar berbagai kegiatan, antara lain sinema edukasi dengan menonton film perjuangan dan berbagai perlombaan antar santri semenjak hari Senin pada minggu yang sama. (moerd/)

Kepalan Tangan Semangat: Menyanyikan Mars Syubbanul Wathan
Kepalan Tangan Semangat: Menyanyikan Mars Syubbanul Wathan
Obade lagu lagu Kemerdekaan
Petugas Bersarung bergerak tanpa hambatan
Syukuri Kemerdekaan Santri Ponpes Jarakan Gelar Upacara Ala Santri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *